Pengertian
Psikologi Pendidikan
Psikologi
pendidikan adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi
sosial, sehingga hampir sebagian besar teori-teori dalam psikologi perkembangan
dan psikologi sosial digunakan di psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan
mempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan
sebuah pengajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah.
Menurut
Santrock, psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang mengkhususkan diri
pada pemahaman tentang proses belajar mengajar dalam lingkungan pendidikan.
Mempelajari
jiwa manusia atau perilaku manusia di bidang pendidikan. Bagaimana manusia belajar
daam bidang pendidikan, keefektifan dalam proses pembelajaran, cara mengajar Dan
pengelolaan organisasi sekolah.
Psikolog
pendidikan biasa bekerja di lingkungan sekolah, perguruan tinggi dan di
lingkungan pendidikan anak, terutama bekerja dengan guru dan orang tua.
Psikolog pendidikan biasanya ditempatkan di sekolah-sekolah umum maupun swasta
dari berbagai jenjang (play group hingga SMA). Psikolog pendidikan
memiliki andil dalam merancang kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan
usia perkembangan anak. Selain itu, psikolog pendidikan berperan untuk
senantiasa memonitor perilaku anak didik di lingkungan sekolah, keluarga
ataupun masyarakat melalui komunikasi dua arah dengan orang tua anak. Psikolog
pendidikan memberikan kontribusi dengan cara membantu pendidik memperhatikan
perilaku peserta didik sebelum pembelajaran dimulai. Para pakar psikolog
pendididikan menyatakan bahwa pemilihan strategi pembelajaran adalah sama
pentingnya dengan unsur-unsur pembelajaran lainnya. Strategi pembelajaran ini
berkaitan dengan prosedur membantu peserta didik bergerak dari kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dalam setiap pembelajaran,
sehingga peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.
Pengertian Psikologi Sekolah
Psikologi sekolah adalah cabang psikologi pendidikan
yang berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik disekolah
dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi.
Selain itu ,Psikolog sekolah adalah psikolog yang
terlibat dalam penyusunan berbagai tes maupun asesmen lain dan psikolog yang
terlibat dalam pelaksaan pendidikan, teknologi pendidikan dan masalah-masalah
pendidikan.
Psikolog sekolah berperan dalam proses tercapainya tujuan
pendidikan di sekolah. Mereka juga bertugas untuk melaksanakan tes; melakukan
berbagai wawancara dengan siswa, orang tua, dan orang-orang lain yang terlibat
dalam pendidikan siswa; observasi siswa dikelas, ditempat bermain dan pada berbagai
kegiatan sekolah yang lain; dan mempelajari data kumulatif prestasi belajar
siswa-siswa.
Peran Psikologi Pendidikan
·
Perserapan /
menerapkan prinsip-prinsip belajar
·
Mengembangkan
dan mendukung program perilaku
Peran Psikologi Sekolah
·
Mengkomunikasikan
hasil evaluasi psikologis untuk
orangtua, guru dll sehingga mereka dapat memahami sifat kesulita siswa.
Apa Perbedaan Psikolog Pendidikan dan Psikolog Sekolah
?
Psikolog pendidikan melakukan penelitian tentang dinamika kelas, gaya mengajar dan belajar variabel. Belajar dan memperbaiki bagaimana sub-kelompok penduduk belajar-seperti anak-anak berbakat dan mereka yang cacat pembangunan. Perhatikan bahwa Psikolog pendidikan tidak boleh disamakan dengan konselor sekolah atau psikolog sekolah, yang membantu siswa satu-satu. Psikolog pendidikan umumnya bekerja di sekolah-sekolah, universitas, bisnis, industri, pusat belajar dan pengaturan pembangunan manusia. Psikolog pendidikan membantu dengan mendiagnosis dan memberikan alat untuk mengobati, membantu atau berurusan dengan perilaku atau tantangan.
Psikolog sekolah adalah profesional terpercaya yang utama
tujuannya adalah penerapan prinsip-prinsip ilmiah belajar dan perilaku untuk
memperbaiki sekolah terkait masalah dan untuk memfasilitasi pembelajaran dan
pengembangan anak-anak di sekolah-sekolah umum Untuk mencapai tujuan ini
psikolog sekolah menyediakan jasa untuk anak-anak, guru, orang tua, masyarakat
lembaga, dan sistem sekolah itu sendiri. berurusan dengan mengidentifikasi
anak-anak dalam sistem sekolah yang berfungsi pada tingkat yang lebih tinggi
pendidikan untuk usia serta anak-anak yang menunjukkan pola perilaku tertentu
seperti ADHD, disleksia atau hambatan pidato. Perhatian juga diberikan kepada
anak-anak yang cacat mental atau fisik. Psikolog sekolah berusaha menciptakan
situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan
akademik, sosialisasi, dan emosi.Yang bertujuan untuk membentuk mind set anak.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar